WELCOME TO MY BLOG

Have a nice day and enjoy...

Aug 28, 2007

Peran Pemerintah

Politik, Keamanan, dan Ekonomi
Situasi ekonomi Indonesia menjadi salah satu sebab menurunnya daya beli masyarakat. Pendidikan dalam bentuk training umumnya cukup mahal bagi sebagian orang. Pemerintah dapat berperan untuk mendukung upaya peningkatan sumber daya manusia dengan beberapa cara, baik yang bersifat general maupun spesifik (http://www.warintek.ristek.go.id/profil.htm) :
1. Kestabilan kondisi politik dan keamanan, karena dengan kondisi negara yang kondusif akan mendukung keefektifan proses pendidikan dan transfer knowledge.
2. Penyediaan sekolah dan training gratis atau biaya murah kepada masyarakat berkaitan dengan IT. Minimal sasaran dari program ini adalah masyarakat mengenal komputer dan informasi.
3. Penyediaan bantuan kepada masyarakat melalui bantuan kredit untuk pendidikan
4. Potongan pajak bagi perusahaan yang meningkatkan kualitas SDM-nya melalui pendidikan dan training.
5. Mengembangkan informasi teknologi dan asistensi steknis serta mengembangkan berbagai insentif untuk memberdayakan usaha kecil, menengah dan koperasi serta meningkatkan pola usahanya dari wirausaha tradisionil menjadi wirausaha berwawasan industri
6. Memperkuat infrastruktur informasi nasional untuk memperlancar pertukaran informasi ilmu pengetahuan dan teknologi serta memanfaatkan perkembangan infrastruktur informasi global. Strateginya meliputi : Pembangunan infrastruktur fisik dan jaringan Informasi, Pengembangan Isi (content dan sumber daya Informasi, Aplikasi Informasi dan jasa yang perlu segera disebarluaskan untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat luas, Pengembangan Kebijakan dan aspek legal untuk melengkapi penguatan infrastruktur informasi Nasional, Kesiapan Pemakaian atau pengguna Informasi

Penyediaan Fasilitas Pendukung
Untuk mendukung upaya penyiapan SDM sebaiknya pemerintah berperan dalam penyediaan sarana teknologi komunikasi dan informasi. Perkembangan Internet memungkinkan seseorang belajar dari jarak jauh. Konsep pendidikan terbuka dan jarak jauh (distance learning) dapat diterapkan untuk membina SDM IT.
Adanya Internet juga memungkinkan pengembangan Digital Library yang dibutuhkan agar siswa atau pelajar dapat mengakses informasi terbaru. Digital Library (DL) atau perpustakaan digital adalah suatu perpustakaan yang menyimpan data baik itu buku (tulisan), gambar, suara dalam bentuk file elektronik dan mendistribusikannya dengan menggunakan protokol elektronik melalui jaringan komputer.
Selain digital library, perpustakaan konvensional masih tetap dibutuhkan. Toko buku juga sangat dibutuhkan. Pendekatan Open Source (membuka source code software) dan Open Content (membuka cara mendistribusi tulisan atau karya lain yang bukan program komputer) juga perlu diperluas agar mempermudah penyebaran informasi dan pengetahuan. Pendekatan ini juga tidak melanggar HaKI (Intellectual Property Right, IPR).

No comments: