WELCOME TO MY BLOG

Have a nice day and enjoy...

Aug 28, 2007

Latar Belakang

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan komponen penting dalam bisnis. Penyiapan SDM merupakan aktivitas yang harus direncanakan dan dijalankan dengan baik. Teknologi Informasi merupakan suatu bidang yang sekarang ini mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi perhatian bagi semua pelaku bisnis. Bidang ini berpotensi untuk memberi prospek pada bangsa Indonesia yang tengah dilanda krisis ekonomi.
Menurut Budi Rahardjo dalam Seminar Presentasi “Pengembangan SDM Untuk Industri IT di BHTV”, dua aspek penting dalam pengembangan bisnis adalah infrastruktur dan sumber daya manusia (SDM). Selain kedua aspek tersebut, tentunya masih banyak aspek lain seperti finansial. Namun, lemahnya infrastruktur dan kelangkaan SDM merupakan penyebab utama lemahnya suatu perusahaan. Kelangkaan SDM yang berkualitas merupakan suatu kondisi yang harus dihadapi oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Kelangkaan ini disebabkan meledaknya bisnis yang berbasis IT (dan khususnya bisnis yang berbasis Internet). Hal ini menuntut setiap perusahaan bersikap kreatif dan inovatif dalam melakukan strategi MSDM untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan.
Adanya revolusi digital, masyarakat dunia telah mengalami perubahan dari masyarakat industri ke masyarakat informasi, begitupun dengan perusahaan. Hal ini menyebabkan aktifitas dan cara berkomunikasi masyarakat dan perusahaan dalam kehidupan sosial, perdagangan, ekonomi, penelitian dan pendidikan telah berubah secara mendasar sejalan dengan kemajuan teknologi, informasi dan telekomunikasi. Hal ini tentu saja menuntut adanya relasi dan hubungan bisnis yang kuat serta komunikasi bisnis yang efektif, sehingga kualitas informasi tetap terjamin dan perusahaan dapat mengikuti perkembangan jaman yang terus berubah ke arah teknologi informasi yang lebih maju. Selain itu kemajuan suatu bangsa tercermin dari penguasaan IPTEK dari bangsa tersebut. Oleh sebab itu sudah sewajarnya apabila informasi IPTEK harus secara mudah, cepat, akurat dan terjangkau bagi seluruh golongan masyarakat. Untuk itu diperlukan suatu usaha mendapatkan kemudahan akses dalam memperoleh informasi yang terpadu. Pada dasarnya informasi teknologi harus dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat tanpa adanya diskriminasi, baik golongan maupun kelompok intelektual (http://www.warintek.ristek.go.id).
Sebagai contoh kita lihat di Amerika Serikat yang terpaksa memberikan visa H1 kepada ratusan ribu orang setiap tahunnya untuk memenuhi kebutuhuan SDM IT saja. Di Eropa cerita serupa terjadi di Jerman dan Inggris. Bahkan di Asia terjadi krisis SDM IT di Singapura dan termasuk di Indonesia. Adanya perdagangan bebas seperti AFTA juga akan mengancam lahan pekerjaan di Indonesia apabila SDM kita tidak kita persiapkan. India dan Cina merupakan dua raksasa yang sanggup menembus Indonesia. Bagaimana nantinya SDM harus disiapkan di era otonomi daerah di Indonesia?
Manfaat sektor teknologi informasi dan telekomunikasi dalam kemajuan yang telah dicapai oleh negara–negara maju merupakan suatu kenyataan yang diharapkan dapat memacu kita untuk juga dapat segera memanfaatkan teknologi informasi dimaksud (http://www.kpde.sumutprov.go.id). Sejalan dengan hal diuraikan diatas, pemerintah, instansi pendidikan, dan pihak industru harus sudah memikirkan dan merencakanan program peningkatan kualitas SDM dalam menghadapi cepatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bisnis.

1 comment:

edo said...

konten ini sangat menarik, saya menyukainya, terima kasih sudah membuat konten ini